Penyebab Baterai Android yang Boros


Mungkin dari kalian ada yang mengalami baterai android yang boros sekali bahkan untuk satu hari bisa charge 3 sampai 4 kali. waw..

Jujur aja saya sangat memperhatikan pemakaian baterai di Android Saya dan rata-rata pemakaian Android itu sekitar 3-4 jam.

oke kali ini saya akan mengulas mengapa baterai Android bisa boros, ini menurut pengalaman saya yang sudah lama memakai Android.

1. Banyaknya aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan

Nah mungkin ini bisa jadi termasuk mengapa android kalian bisa boros, aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan kadang suka berjalan di background dan ini yang kadang menyebabkan boros. Contoh nya kamu lebih aktif di BBM tapi kamu juga menginstall aplikasi chatting lain seperti Line, Whatsapp, dll. Saran saya pilih yang lebih sering kamu dan teman teman kamu gunakan, Saya pribadi menggunakan BBM untuk chat urusan dengan teman teman dan juga saya menginstall Whatsapp karena ada beberapa teman saya yang memilih menggunakan Whatsapp di banding BBM. Saran saya gunakan aplikasi yang dibutuhkan saja jika tidak dibutuhkan bisa di uninstall namun kalau kamu sayang menguninstall nya bisa men-disable/freeze saja.

2. Kapasitas baterai yang sedikit

Android saya hanya 1700mAh dan terkadang jika saya bermain game akan lebih cepat terasa habis dibanding pemakaian Normal. Tapi masalah ini masih bisa diatasi dengan kustomisasi dan macam macam.

3. RAM yang terlalu penuh

RAM memang diciptakan untuk diisi namun jika terlalu penuh akan menyebabkan boros bahkan membuat android kamu lemot, bahkan restart sendiri jika terjadi Hang. Saran saya disable/freeze aplikasi yang berjalan di background namun tidak kamu gunakan.

4. Lupa mematikan Data, Wifi, Bluetooth ataupun GPS

Nah ini yang sangat berpengaruh, jika kamu sudah tidak ingin mengakses internet kembali sebaiknya matikan data saja walaupun handphone kamu tidak aktif tapi data tetap mengakses akan memakan daya baterai, untuk Wifi juga sama jika sudah tidak terkoneksi dengan Wifi sebaiknya matikan wifi saja agar tidak memakan daya yang lebih, untuk Bluetooth dan GPS sebaiknya matikan kembali jika sudah tidak di gunakan.

5. Layar yang terlalu terang

Selain masalah diatas layar yang terlalu terang juga dapat menguras daya baterai selain itu juga dapat merusak mata. Jika kamu berada di dalam ruangan seperti Kamar saran saya install aplikasi peredup layar seperti Screen Filter atau Bluelight Filter atau aplikasi sejenis lainnya silahkan pilih yang kalian suka.


Sebenarnya masih ada lagi yah penyebab baterai android yang boros tapi mungkin yang lebih umum adalah 5 hal yang saya sebutkan diatas.
Tips agar baterai Android anda bisa hemat dengan aplikasi kernel adiutor silahkan menuju postingan saya yang ini  Cara Menghemat Baterai Android dengan Kernel Adiutor (ROOT).

Mungkin itu saja, jangan lupa perhatikan lah baterai android kamu karena baterai adalah sumber utama android tetap hidup.

5 Responses to "Penyebab Baterai Android yang Boros "

  1. Batre android saya cepat low battery karna banyak aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan

    BalasHapus
  2. Poin nomer 4 "Lupa mematikan Data, ataupun GPS" kalo yg saya amati wifi sama bluetooth tidak begitu memeras daya batre. HH ane pake wifi mayan lama tapi kalo pake paket data cepet habis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan itu maksud saya kalau udah enggak konek ke wifi lagi gan, ya sebenernya emang saya juga konek ke wifi untuk internet

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Nice info, tips yg sangat bermanfaat
    kunjungi juga www.nekocyber.tk (teknologi komputer)

    BalasHapus

Berkomentarlah yang sopan, Jika Kolom komentar tidak muncul silahkan reload halaman, Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel